Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sejarah Patung Merlion di Singapura : Legenda, Teknik Pembuatan, Fungsi dan Lokasinya

Sejarah Patung Merlion di Singapura - Patung singa berbadan ikan merupakan salah satu ikon negara Singapura yang sudah terkenal sampai ke penjuru dunia. Patung tersebut dinamakan Merlion karena bentuknya menyerupai singa laut.  Arti Merlion dalam bahasa Indonesia yaitu "mer" (laut) dan "lion" (singa) berarti Singa Laut. Pembuatan patung Merlion di Singapura tentu mempunyai latar belakang sejarahnya. Mulai dari siapa pembuatnya, apa fungsi dan dimana lokasinya serta bagaimana legenda Merlion yang cukup populer dikalangan masyarakat setempat. Menarik bukan? Berikut ini penjelasannya.

Patung Merlion adalah ikon kota Singapura, digunakan sebagai simbol untuk menyambut pengunjung turis asing yang datang untuk berlibur atau untuk kepentingan lainnya. Menurut sejarahnya, patung singa berbadan ikan ini dibangun pada tanggal 25 September 1972, oleh tokoh bernama Lim Nang Seng. Desain patung Merlion merupakan rancangan dari Mr. Fraser Bruner yang digunakan untuk logo Singapore Tourism Borad. Desain ini telah dipatenkan pada tahun 1966, setelah sebelumnya digunakan dari tahun 1964.

Sejarah Patung Merlion di Singapura

Legenda Merlion di Singapura

Legenda Merlion cukup familiar di Singapura, yakni kemunculan singa berbadan ikan di Temasek, pulau kecil ditengah lautan. Berdasarkan legenda-nya, suatu ketika terjadi badai petir luar bisa besar dan hebat di daerah tersebut. Penduduk pulau kemudian ketakutan dan meminta perlindungan agar diselamatkan dari badai. Setelah meminta perlindungan, tiba-tiba air laut menyeruak dan mengeluarkan sinar. Suara gemuruh seperti gendang yang sedang mengiringi kedatangan raja pun terdengar.

Kemudian sesosok mahluk yang belum pernah terlihat muncul dari laut yang memancarkan cahaya sinar. Mahluk tersebut berwujud kepala singa memiliki ekor seperti ikan. Mahluk ini baru pertama kali muncul dan dilihat oleh warga Temasek. Ukurannya sangat besar. Menurut ceritanya, mahluk misterius inilah yang menghentikan badai besar di Temasek. Cara yang digunakan mahluk ini untuk menghentikan badai adalah dengan memancarkan sinar yang keluar dari matanya.

Sulit untuk menyamakan ukuran makhluk tersebut dengan apa pun. Setelah berhasil menghentikan badai dan petir, masyarakat kemudian berterimakasih kepada mahluk tersebut. Namun mahluk berkepala singa tiba-tiba menghilang tanpa diketahui oleh masyarakat disekitar kejadian. Nah itulah sedikit cerita terkait dengan legenda Merlion (mahluk berkepala singa berbadan ikan).
Baca Juga :
  • Panorama Keindahan Gunung Fuji Jepang
  • 7 Tempat Wisata Wajib saat Liburan di Hongkong
  • Tempat Wisata Populer di Kuala Lumpur

Teknik Pembuatan Patung Merlion

Sejarah pembuatan patung Merlion di Singapura. Patung Merlion dibuat dengan bahan dari campuran semen, pelat porselen dan cangkir teh. Pada bagian badan merupakan campuran semen, kemudian bagian kulit patung terbuat dari pelat porselen, selanjutnya pada bagian matanya terbuat dari cangkir teh berukuran kecil dengan warna merah. Berdasarkan desainnya, patung Merlion di Singapura memiliki ukuran tinggi 8,6 meter, sementara bobotnya yaitu 70 ton. 

Fungsi Patung Merlion

Apa fungsi utama patung Merlion di Singapura? Seperti pada penjelasan diatas, patung merlion adalah simbol dari Singapore Tourism Borad. Artinya fungsi patung merlion yaitu untuk keperluan wisata di Singapura, kegunaannya untuk menyambut para wisatawan atau turis mancanegara di Singapura. Atau dapat diartikan sebagai patung selamat datang di Singapura dan patung ikon utama Singapura. 

Lokasi Patung Merlion

Lokasi patung merlion yaitu berada di dekat taman dengan nama One Fullerton. Taman ini memiliki luas 2.500 meter persegi, di area ini juga banyak terdapat aneka restoran, tempat belanja dan club-club dansa di tepi Sungai.

Demikian pembahasan mengenai Sejarah Patung Merlion di Singapura : Legenda, Teknik Pembuatan, Fungsi dan Lokasinya yang merupakan ikon utama negara Singapura. Semoga bermanfaat. Terimakasih
Artikel Terkait :
  1. Tempat Wisata Terkenal di Australia
  2. 11 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Penang
  3. 7 Tempat Belanja Murah di Penang
  4. 7 Pantai Indah di Penang, Malaysia
  5. Penang Hill : Wisata Populer di Penang

Share ke teman kamu:

Related : Sejarah Patung Merlion di Singapura : Legenda, Teknik Pembuatan, Fungsi dan Lokasinya