Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

2 Tugas Pokok Kabinet Ampera dan Program Kerjanya

Jelaskan apa saja tugas pokok Kabinet Ampera? Apabila membahas mengenai kabinet ini, kita akan mengetahui beberapa sebutan-sebutan kuno seperti Dwidarma dan Catur Karya. Dikutip dari wikipedia, tugas pokok kabinet Ampera ditetapkan melalui ketetapan MPRS No. XIII tahun 1966. Kabinet Ampera dibentuk pada tanggal 28 Juli 1966, jumlah total anggotanya 30. Kabinet ini dibentuk untuk menggantikan Kabinet Dwikora III, kemudian pada perkembangan selanjutnya kabinet ini digantikan dengan Kabinet Ampera II.

Tugas Pokok Kabinet Ampera


Jadi dapat kalian pahami, pembahasan kali ini merupakan tugas pokok Kabinet Ampera 1. Letjen Soeharto merupakan ketua Presidium kabinet, setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekarno. Tugas pokok kabinet Ampera dikenal dengan sebutan nama Dwidharma, yakni mewujudkan stabilitas politik dan ekonomi. Berikut ini penjelasan tugas kabinet Ampera yang ditetapkan oleh MPRS pada tahun 1966, meliputi :
  1. Setelah terjadi peristiwa besar Gerakan 30 September, keadaan politik di Indonesia menjadi semakin kacau. Seruan masyarakat tertuju kepada pembubaran PKI yang "diduga" menjadi dalang pembunuhan beberapa Jenderal TNI AD. Nah, salah satu tugas pokok kabinet Ampera adalah mewujudkan stabilitas politik, langkah yang dilakukan yaitu membubarkan partai komunis Indonesia dan menyingkirkan pejabat tinggi (menteri) yang "diduga" menjadi antek PKI. 
  2. Tugas pokok kedua kabinet Ampera yaitu mewujudkan stabilitas ekonomi. Perlu kalian ketahui, kondisi ekonomi saat itu benar-benar lesu bisa dibilang kacau. Beberapa sebabnya seperti rendahnya pendapatan per kapita (70$ AS), inflasi melambung tinggi (65%). Langkah yang dilakukan kabinet ini untuk mengatasi masalah ekonomi adalah dengan membuat rencana pembangunan lima tahun atau kita kenal dengan nama Repelita.
Setelah mengetahui tugas pokok kabinet Ampera, sekarang tinggal kita bahas mengenai program kerjanya. Catur karya merupakan sebutan dari empat program kerja kabinet Ampera, program-program tersebut antara lain :
  1. Memperbaiki kehidupan rakyat, fokus utamanya berkaitan dengan Sandang dan Pangan.
  2. Dalam batas waktu yang ditentukan akan melaksanakan pemilihan umum.
  3. Melaksanakan politik bebas dan aktif untuk kepentingan nasional.
  4. Melaksanakan perjuangan anti kolonialisme dan imperialisme dalam segala manifestasi dan bentuknya.
Rekomendasi Artikel, Baca Juga :
Demikian pembahasan berjudul 2 Tugas Pokok Kabinet Ampera dan Program Kerjanya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan sejarah kita. Baca juga artikel menarik terkait lainnya. Terima kasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 2 Tugas Pokok Kabinet Ampera dan Program Kerjanya