Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

Tokoh Tokoh Sekitar Proklamasi dan Perannya

Siapa saja tokoh-tokoh penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia? Jika ditanya peristiwa paling bersejarah bangsa Indonesia, tentu saja "Proklamasi Kemerdekaan" yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno adalah tokoh paling sentral berperan sebagai pembaca teks proklamasi sekaligus salah satu pencetusnya. Tokoh-tokoh sekitar proklamasi kemerdekaan paling terkenal tentu saja Bung Karno dan Bung Hatta. Nah jika kalian belum mengetahui secara detail dan lengkap siapa saja tokoh-tokoh sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia dan perannya (tugas), berikut akan kita kupas lebih dalam dilengkapi dengan sedikit deskripsi dan profil singkatnya.

Tokoh Tokoh Sekitar Proklamasi dan Perannya

1. Ir. Soekarno (Bung Karno)
  • Tugas : Pembaca sekaligus yang menandatangani teks proklamasi.
  • Profil : Lahir di Blitar pada tanggal 6 Juni 1901, meninggal pada 20 Juni 1970 di Jakarta. Ia adalah penggagas dasar negara "Pancasila", Presiden pertama Republik Indonesia, menjabat dari tahun 1945 sampai 1966.
2. Drs. Mohammad Hatta (Bung Hatta)
  • Tugas : Mendampingi Bung Karno saat pembacaan teks proklamasi dan juga tokoh yang menandatanganinya.
  • Profil : Lahir pada tanggal 12 Agustus 1945 di Bukittinggi, Sumatera Barat. Meninggal pada usia 77 tahun, tepatnya pada tanggal 14 Maret 1980 di Jakarta. Ia merupakan wakil presiden pertama Indonesia, sekaligus pejuang, negarawan dan dikenal dengan bapak koperasi Indonesia.
3. Ahmad Soebarjo (Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo)

  • Tugas : Salah satu tokoh yang merumuskan teks proklamasi.
  • Profil : Lahir pada tanggal 23 Maret 1896 di Karawang, Jawa Barat. Meninggal pada usia 82 tahun, ia merupakan seorang diplomat handal. Pernah menjabat sebagai Menlu pertama Indonesia. Lulusan Universitas Leiden Belanda dengan gelas Meester in de Rechten.
3. Fatmawati (Fatimah)
  • Tugas : Berperan sebagai tokoh yang menjahit bendera merah putih.
  • Profil : Fatmawati adalah istri Presiden Soekarno, ia lahir di Bengkulu pada tanggal 5 Februari 1923, meninggal pada tanggal 14 Mei 1980 di Kuala Lumpur, Malaysia. Ayahnya bernama Hasan Din (pengusaha sekaligus tokoh Muhammadiyah di Bengkulu, sementara ibunya bernama Siti Chadijah.
4. Sayuti Melik (Mohamad Ibnu Sayuti)
  • Tugas : Mengetik naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  • Profil : Pria kelahiran Sleman, pada tanggal 22 November 1908. Wafat pada tanggal 27 Februari 1989 di Jakarta saat berusia 80 tahun. Ia merupakan anggota kelompok Menteng 31 yang berperan alam penculikan Ir Soekarno dan Mohammad Hatta saat sehari sebelum proklamasi, dikenal dengan Peristiwa Rengasdengklok. Ia juga pernah menjadi anggota PETA (Pembela Tanah Air) dan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).
5. Latif Hendraningrat (Raden Mas Abdul Latief Hendraningrat)
  • Tugas : Bertugas sebagai pengibar bendera merah putih saat proklamasi.
  • Profil : Lahir pada tanggal 15 Februari 1911 di Jakarta, wafat saat berusia 72 tahun, tepatnya pada tanggal 14 Maret 1983 di Jakarta. Ia merupakan prajurit PETA berpangkat sebagai komandan Kompi atau dalam bahasa Jepang Sudanco.
6. S. Suhud (Suhud Sastro Kusumo)
  • Tugas : Bertugas sebagai pengibar bendera merah putih bersama Latieff Hadiningrat.
  • Profil : Salah satu anggota PETA, lahir pada tahun 1920, wafat saat berusia 66 tahun, tepatnya pada tahun 1986.
7. Wikana : Mengusulkan agar pelaksanaan proklamasi dilangsungkan di kota Jakarta.
8. Sukarni : Mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Ir Soekarno dan Mohammad. Hatta, dengan atas nama bangsa Indonesia.
9. Chairul Saleh : Tidak setuju apabila anggota PPKI lain ikut menandatangani teks proklamasi.
10. Darwis : Menyampaikan hasil rapat pemuda yang diadakan di gedung Bakteriologi.
11. Suwirjo : Pidato sambutan saat proklamasi, ia merupakan walikota Jakarta.

Tokoh penting lain yang menghadiri peristiwa bersejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia antara lain : Ki Hajar Dewantara, Mr. A.A Maramis, Pandu Kartawiguna, Dr. Buntaran Martoatmodjo, Otto Iskandardinata, Abikusno Tjokrosujoso, Dr. Muwardi, A.G. Pringgodigdo, Mr. Latuharhary, Anwar Tjokroaminoto dan masih banyak lagi.

Demikian pembahasan terkait dengan Tokoh Tokoh Sekitar Proklamasi dan Perannya, semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Tokoh Tokoh Sekitar Proklamasi dan Perannya