Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Sejarah Hari Ini Tanggal 6 April

Sejarah Hari Ini Tanggal 6 April - Apa saja peristiwa sejarah besar yang berlangsung pada tanggal 6 April? Dalam sub tema (label) atau kategori pilihan  "History Today", akan kita kupas beberapa peristiwa bersejarah penting yang dapat menambah wawasan kita, baik berupa kejadian, kelahiran, meninggal, hari raya, dan peringatan yang terjadi di Indonesia maupun di Dunia. Langsung saja berikut ulasannya..

1. Peristiwa Gerhana Matahari Pertama
Sejarah tanggal 6 April : Gerhana Matahari Pertama History Today

Tepat pada hari ini tanggal 6 April, tercatat dalam sejarah bangsa Yunani Kuno bahwa terjadi gerhana Matahari. Peristiwa besar ini berlangsung ribuan tahun lalu, tepatnya 648 SM (sebelum Masehi). Fenomena alam ini kemudian menjadi rujukan bagi ilmuwan zaman now untuk kepentingan penelitian, sehingga perkiraan kapan waktu tepat akan munculnya gerhana Matahari di kemudian hari dapat diketahui.

2. Amerika menyatakan perang terhadap Jerman 
Sejarah tanggal 6 April : Pernyataan Perang AS kepada Jerman History Today
Pada perang Dunia 1, tepatnya pada awal tahun 1917 pihak Jerman memutuskan untuk tetap melanjutkan perang menggunakan kapal selam dengan target utamanya adalah kapal dagang yang akan menuju Britania Raya (Inggris). Tindakan Jerman ini kemudian di respon oleh Amerika Serikat, melalui kongres pada tanggal 6 April 1917, AS menyatakan perang terhadap NAZI (Jerman).

3. Terjadi Pengeboman di Weliveriya, Srilangka
Sejarah tanggal 6 April : Pengeboman di Weliveriya, Srilangka History Today
Peristiwa bersejarah ketiga pada tanggal 6 April adalah pengeboman di kota Weliveriya, Srilangka pada tahun 2008. Kejadian ini diduga merupakan bom bunuh diri yang dibuat dan dalangi oleh kelompok Macan Tamil, terjadi pada saat perayaan tahun baru Sinhala dan Tamil, menewaskan 15 orang dan melukai lebih dari 90 orang.

4. Sindo TV resmi berubah menjadi INews TV 
Sejarah tanggal 6 April : Nama Sindo TV berganti iNews TV History Today
iNews TV atau Indonesia News merupakan salah satu televisi swasta di Indonesia dengan waktu siaran 24 jam dalam sehari. Nama iNews TV secara resmi dipakai pada tanggal 6 April 2015. Nama sebelumnya yang dipakai adalah SINDO TV dari tanggal September 2011, SUN TV 5 Maret 2008. Kemudian pada tanggal 31 Oktober 2017 namanya diganti menjadi iNews. Jangkauan siaran stasiun TV ini sangat luas, tidak hanya dapat dilihat di kota-kota besar saja, tapi menyeluruh dari Banda Aceh hingga Jayapura, Papua.

Peristiwa besar lain di Tanggal 6 April 
  • Skotlandia mempertegas status kemerdekaan melalui Deklarasi Abroath pada 1320
  • Penemuan Galaksi NGC 4236 pada 1793 oleh William Herschel
  • Pembukaan Olimpiade Pertama di Athena pada 1841
  • Pada Perang Dunia II, Jerman melakukan invasi ke Yugoslavia dengan kode Operasi 25.
  • Pembunuhan Presiden Rwanda pada 1994
  • Tanggal 6 April Merupakan Hari Nelayan

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Sejarah Hari Ini Tanggal 6 April