Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Artefak dan Contohnya di Indonesia Disertai Gambar

Apa yang dimaksud dengan artefak? Secara singkat, padat dan jelas, pengertian artefak adalah benda atau peninggalan sejarah yang dibuat oleh tangan manusia (bukan benda alamiah tanpa modifikasi) yang bisa dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain (movable) tanpa merusak bentuk aslinya.  

Mudahnya pemindahan artefak tanpa menghancurkan bentuk aslinya tentu sangat bermanfaat bagi para peneliti (sejarawan) untuk dijadikan obyek penelitian atau ditaruh di Museum sehingga kita sebagai manusia di zaman modern ini dapat melihat peninggalan bersejarah zaman dahulu dengan mudah, sehingga bisa menambah wawasan kita.

Contoh Artefak di Indonesia

Contoh artefak yang berhasil ditemukan di Indonesia dikategorikan berdasarkan zaman, mulai dari zaman Palaeolitikum, Mesolitikum, Logam (tembaga, perunggu, besi) dan Megalitikum (zaman batu besar).

Beberapa contoh artefak antara lain : alat-alat dari bahan batu, logam, gerabah, tulang (tanduk binatang), kertas dll,. Bentuknya bervariasi, mulai dari senjata-senjata, prasasti, perhiasan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa contoh dan gambarnya.

1. Kapak Genggam

Kapak Genggam : Contoh Artefak

Kapak ini merupakan senjata yang digunakan oleh manusia zaman prasejarah, digunakan untuk berburu binatang atau keperluan makanan sehari-hari (mengupas umbi-umbian). Berhasil ditemukan di daerah seperti Kalinda (Lampung), Trunyan Bali dan Awang Bangkal (Kalimantan Selatan).

Baca juga: Contoh Kapak Primbas

2. Pisau Belati dari bahan Tulang

isau Belati dari bahan Tulang

Alat-alat dari tulang binatang diatas terbuat dari tanduk rusa, peninggalan zaman paleolitikum hasil budaya Ngandong.

3. Artefak Anak Panah

Artefak Anak Panah

Contoh artefak ketiga adalah anak panah, terbuat dari bahan batuan gamping, peninggalan sejarah ini ditemukan di beberapa daerah seperti Gua Lawa (Sampung) dan gua-gua di Tuban (Gua Kadang dan Gua Gede).

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai Pengertian Artefak dan Contoh di Indonesia disertai Gambar.
Rekomendasi artikel untuk anda, baca juga :

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Pengertian Artefak dan Contohnya di Indonesia Disertai Gambar