Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

British Museum : Museum Terkenal dan Terbesar di Inggris

British Museum adalah salah satu museum history terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya di dunia. Museum ini sangat terkenal di Inggris maupun di dunia, sehingga banyak wisatawan atau turis yang mengunjunginya setiap hari. Bagi kalian yang suka jalan-jalan dan suka wisata sejarah, jangan lupa berkunjung ke British Museum.

British Museum dibangun pada tahun 1753, letaknya berada di pusat kota London. Koleksi di dalam museum ini sangat banyak dan beragam. Setidaknya ada lebih dari 8 juta koleksi yang berasal dari seluruh dunia. Koleksi-koleksi yang ada di British Museum berasal dari sejarah peradaban manusia dari awal tercipta sampai masa kini (abad ke 19-20).

"The World Famous Wonder" adalah julukan dari British Museum, sebutan tersebut disandang karena museum ini merupakan museum dengan pengunjung terbanyak dibandingkan museum-museum yang terdapat di Inggris. Pada tahun 2013, pengunjung British Museum yaitu sebanyak 6 juta lebih (informasi dari BBC Indonesia).

British Museum In London

Wisata ke British Museum

British Museum dibuka dari jam 10.00 sampai 17.30  setiap hari waktu setempat, kecuali hari Jum'at.  Khusus hari Jum'at museum ini dibuka hingga jam 20.30 malam. Bagaimana dengan biaya masuk ke British Museum? Pengunjung yang berkunjung di museum ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi jangan khawatir bagi kalian yang akan mengunjungi museum terkenal ini.

Saat masuk ke dalam British Museum, kita akan tertuju pada ruangan luas dengan arsitektur yang megah dan mengagumkan. Sejak tanggal 16 November 2014 sampai 25 Januari 2015, British Museum mengadakan ekshibisi. Ekshibisi ini bertema "Germany Memories of Nation", ekshibisi ini bertujuan untuk mengungkap sejarah perkembangan budaya Jerman sejak 600 tahun yang lalu.

Masuk ke dalam museum, kita langsung berada pada sebuah ruangan luas dan megah dengan arsitektur yang menawan. Pada ruang tengah museum ini, terdapat the Great Court berupa ruang exhibition luas yang berbentuk lingkaran dengan atap terbuat dari kaca sehingga bisa melihat langit secara langsung. Ruang tengah museum ini dikembangkan pada tahun 2002 yang pada awalnya merupakan ruang baca dari Perpustakaan Nasional Inggris.

Di dalam British Museum juga terdapat pajangan tembok yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur, yaitu tembok Berlin. Selain tembok Berlin, terdapat juga pajangan salah satu Trademark Jerman yakni mobil Volkswagen yang dibuat pertama kali pada tahun 1937. 

Departemen di British Museum

Terdapat 9 departemen khusus di British Museum. Departemen tersebut berfungsi untuk memfokuskan pada peradaban mana koleksi yang ada di museum ini. Departemen di British Museum meliputi : Yunani dan Romawi, Mesir Kuno dan Sudan, Seni Cetak dan Gambar, Oseania, Asia, Amerika, Prasejarah dan Eropa, Konservasi, Penelitian Ilmiah, Koin dan Medali.

Dari 9 Departemen di dalam British Museum, yang paling ramai dikunjungi adalah Departemen Mesir Kuno. Isi di dalamnya membahas segala hal tentang mesir kuno. Koleksi pada departemen ini terdiri dari kuburan Mesir kuno, patung-patung Mesir Kuno, tulisan heliograf, esophagus, sculpture, dll.

Selain Departemen Mesir Kuno, salah satu departemen di British Museum yang cukup ramai dikunjungi yaitu departemen Yunani dan Romawi. Pada departemen ini, kita dapa melihat patung pahatan, karya seni kerajaan Romawai dan Yunani, arsitektur bangunan Yunani dan Romawi. Koleksi pada departemen ini lebih dari 100 ribu obyek.

Koleksi Peninggalan Nusantara di British Museum

Yang menarik apabila kita mengunjungi British Museum adalah di dalam museum ini terdapat koleksi peninggalan sejarah di Nusantara. Peninggalan sejarah tersebut adalah patung Budha yang asalnya dari Candi Borobudur. Selain itu, terdapat juga koleksi sculptures dari pulau Jawa. Disitu dijelaskan bahwa pengaruh ajaran Budha dapat diketahui dari India Selatan, yakni dari gaya arsitektur candi pertama yang ada di Indonesia. Hubungan kerjasama antara India dan Nusantara dapat dilihat dari gaya patung yang terdapat di Nusantara.

Apa bagian menarik di British Museum apabila kita mengunjunginya? Bagian paling menarik dari museum ini adalah "Egyptian Funerary Archeology". Bagian ini merupakan koleksi berupa mumi-mumi yang berasal dari Mesir. Lokasinya terdapat di lantai 3 dari museum. Disitu dijelaskan mengenai cara mengawetkan mumi, ritual, sihir dan kepercayaan serta kehidupan setelah mati orang-orang dari mesir kuno. Mumi yang paling terkenal pada koleksi di British Museum yaitu bernama "Cleopatra". Mumi ini merupakan mumi wanita yang berasal dari abad ke 2 periode Romawi.

Mumy in British Museum

Bagi kalian yang berniat mengunjungi British Museum, jangan ragu-ragu untuk mengunjunginya. Selain sebagai sarana tempat wisata, di museum ini kita akan mendapatkan banyak sekali ilmu pengetahuan berkaitan dengan sejarah peradaban manusia. Apabila kalian akan berkunjung di British Museum, jangan lupa untuk memahami peta museum ini. Jangan sampai kalian tersesat atau mengulang-ulang tempat tertentu saja. Hal tersebut dapat terjadi karena museum ini sangat luas.

Itulah pembahasan mengenai "British Museum : Museum Terkenal dan Terbesar di Inggris". Semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya. Sekian, terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : British Museum : Museum Terkenal dan Terbesar di Inggris