Kumpulan informasi menganai sejarah dan tempat wisata di Indonesia maupun Dunia.

Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Sederhana

Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan – Dalam perkembangannya, masyarakat pada masa prasejarah melalui beberapa tahap dalam hidupnya. Tahap pertama yang akan kita bahas yaitu pada masa berburu dan mengumpulkan makanan. Bagaimana upaya yang dilakukan manusia purba dalam mempertahankan dan mengembangkan kehidupannya pada masa ini? simak pembahasan berikut ini.

Kalian harus mengetahui bahwa 90% dari jangka waktu kehidupan sejak adanya manusia sampai sekarang, manusia hidup dengan berburu dan mengumpulkan makanan. Pada saat itu, lingkungan manusia hidup masih dalam keadaan liar dan keadaan bumi masih labil. Kelabilan bumi dibuktikan dengan banyak terjadinya letusan gunung berapi dan daratan ditutupi oleh hutan yang lebat.

Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan
Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, berbagai binatang purba masih hidup didalamnya. Keadaan sungai pada masa ini juga masih sering berpindah-pindah aliran karena disebabkan oleh perubahan bentuk permukaan bumi. Keadaan ini terjadi sekitar 600 ribu tahun yang lalu. Akibat keadaan ini, perkembangan kebudayaan menjadi sangat lambat.

Perkembangan kebudayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan sangat lambat karena disebabkan oleh keadaan alam masih sangat liar dan labil. Disamping keadaan alam, faktor lain yang menjadi penghambat perkembangan kebudayaan yaitu dari manusia pendukungnya yang masih termasuk manusia purba.

Manusia pendukung pada masa berburu dan mengumpulkan makanan yaitu Pithecanthropus  Erectus, Pithecanthropus Soloensis, dan Homo Wajakensis. Kehidupan manusia pada masa ini masih sangat bergantung pada alam. Kelompok berburu tersusun kedalam keluarga kecil.  Pembagian kerja dilakukan berdasarkan jenis kelamin.


Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, jenis kelamin laki-laki bertugas untuk berburu binatang buruan, sementara itu jenis kelamin perempuan bertugas untuk mengumpulkan makanan. Makanan yang dikumpulkan berupa hewan-hewan kecil dan tumbuh-tumbuhan yang tidak memerlukan tenaga besar untuk mengumpulkannya. Selain itu, para wanita juga bertugas untuk mengurus anak-anak.

Upaya dalam Mempertahankan dan Mengembangkan Kehidupan

Pada masa ini atau tepatnya pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, manusia yang hidup juga melakukan upaya untuk mempertahankan kehidupannya dan mengembangkan kehidupan yang berlangsung. Usaha-usaha yang dilakukan meliputi :
  1. Hidup dengan berkelompok dengan jumlah sekitar 10 sampai 15 orang.
  2. Menciptakan berbagai alat yang terbuat dari batu dan tulang. Contoh alat-alatnya yaitu kapak primbas, kapak genggam dan alat-alat serpih maupun tulang.
  3. Mereka hidup berpindah-pindah tempat yang dekat dengan sumber air seperti dekat danau dan dekat dengan sungai.
  4. Suatu penemuan luar biasa pada masa ini yaitu penemuan api. Dari penemuan ini, mereka menggunakan api untuk menghangatkan badan pada musim dingin dan memasak makanan berupa daging agar tidak terlalu keras dan menjadi lunak saat dimakan.
Baca Artikel Selanjutnya :
Demikian pembahasan mengenai Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Rangkuman Materi. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya. Sekian terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Sederhana

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment