Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Pengertian Sumber Sekunder dalam Sejarah Beserta Contohnya

Sumber Sekunder dalam Sejarah - Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai sumber sekunder dalam sejarah beserta contohnya. Pembahasan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai sumber primer dalam sejarah. Bagi yang belum membacanya silahkan dibaca terlebih dahulu.

Apa pengertian sumber sekunder dalam sejarah? mungkin pertanyaan tersebut sering kalian dengar dalam pembelajaran sejarah di kelas. Secara singkat, pengertian sumber sekunder adalah sumber informasi yang menyajikan penafsiran, penjelasan, analisis atau ulasan dari pengarang terhadap sebuah topik tertentu.

Pengertian Sumber Sekunder dalam Sejarah Beserta Contohnya
Sumber Sekunder berupa Surat Kabar

Pengertian Sumber Sekunder dalam Sejarah

Sumber sekunder dalam sejarah bisa juga berupa paparan atau analisis yang mengambil dari sumber primer. Dari penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa sumber sekunder merupakan reproduksi dari sumber primer.

Sumber sekunder biasa digunakan sebagai sarana untuk mengajukan pendapat atau pun untuk menjawab dan mengungkapkan sebuah pernyataan yang mengandung pendapat dari seseorang maupun kelompok.

Contohnya: Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit
=
Istilah yang sering digunakan dalam penulisan sejarah atau bisa disebut dengan Historiografi yang ditulis berdasarkan sumber-sumber biasanya menggunakan sumber sekunder. Hampir semua tulisan ilmiah yang diterbitkan sekarang ini merupakan sumber sekunder. Laporan peristiwa masa lampau berupa analisis, generalisasi, interpretasi, sintesis dan evaluasi merupakan sumber sekunder.

Contoh Sumber Sekunder

Contoh sumber sekunder berupa sumber tertulis bisanya memberikan informasi terkait dengan aspek-aspek tertentu misalnya politik, budaya, sosial, ekonomi dan lainnya. Sumber-sumber tersebut biasanya kita temukan dari beberapa laporan-laporan, surat kabar maupun catatan pribadi dari sumber sejarah tersebut. Contoh sumber sekunder berupa sumber tertulis merupakan sumber serta bukti fisik yang dapat dilihat dengan kasat mata.

Kemudian contoh sumber sekunder berupa tidak tertulis dapat kita dapatkan dari saksi mata ataupun pelaku sejarah yang mengalami, mendengar dan melihat namun disampaikan oleh pihak ke tiga atau penyampai ke 2. Sumber informasi ini biasanya didapatkan melalui wawancara secara langsung, selain itu bisa juga didapatkan dari cerita yang berkembang secara turun-temurun dari zaman ke zaman.

Contoh sumber sekunder secara tidak tertulis ini biasanya kurang dapat dibuktikan secara akurat, hal ini karena setiap informasi yang disampaikan dari mulut ke mulut biasanya kurang atau malah berlebihan dari sumber awalnya.

Berikut ini beberapa contoh sumber sekunder dalam sejarah, meliputi :
  1. Karya Biografi, Ulasan (Biografi Ir Soekarno)
  2. Kompilasi data dan buku pegangan
  3. Artikel dan Jurnal (selain fiksi dan otobiografi)
  4. Kamus dan Esiklopedia
  5. Artikel yang isinya tinjauan
  6. Karya kritik dan interprestasi
  7. Artikel surat kabar dan majalah populer.
Baca Contoh Lainnya :

Share ke teman kamu:

Related : Pengertian Sumber Sekunder dalam Sejarah Beserta Contohnya