Kumpulan informasi menganai sejarah dan tempat wisata di Indonesia maupun Dunia.

Pengertian Sumber Primer Dalam Sejarah Beserta Contohnya

Pengertian Sumber Primer Dalam Sejarah Beserta Contohnya - Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai sumber primer dalam penulisan sejarah beserta contohnya. Dalam penulisan sejarah atau bisa disebut sebagai historiografi, terdapat tiga sumber yang dapat digunakan. Sumber-sumber itu antara lain sumber primer, sekunder dan tersier. Masing-masing sumber memiliki perbedaan mendasar dari asal sumber tersebut dapat diperoleh.

Apa yang dimaksud dengan sumber primer? Pengertian sumber primer adalah sumber informasi yang membuat informasi asli yang dapat berupa kata/tulisan, gambar atau obyek lainnya. Informasi yang terdapat dalam sumber primer benar-benar asli, tanpa adanya proses penyuntingan atau pengeditan. Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sumber primer merupakan sumber yang tidak mengalami proses analisis, penafsiran, evaluasi, ringkasan atau pengeditan dari si penulis. Selain beberapa sumber yang sudah disebutkan di atas, sejarah lisan juga dapat dikatakan sebagai sumber primer.

Sumber Primer Berupa Artefak
Sumber Primer Berupa Artefak

Pengertian Sumber Primer

Pengertian sumber primer secara sempit merupakan suatu dokumen atau informasi yang dibuat atau diciptakan oleh si pelaku. Sumber ini memiliki beberapa jenis, jenis tersebut tergantung dari masalah sejarah apa yang akan di tulis / dipelajari. Contohnya sejarah politik, dalam penulisannya, sumber utama yang terpenting dalam penulisan meliputi laporan resmi, surat, catatan harian dan pidato dari sejarah politik yang akan dibahas.

Dalam pengertian sumber primer secara luas yaitu berupa obyek yang berbentuk, seperti film, foto, lukisan atau bangunan. Kemudian sumber primer tertulis dibedakan menjadi 3 tipe yaitu sumber literatur/naratif, sumber diplomatik, dokumen sosial. Mencari sumber primer tentu tidak mudah untuk dilakukan oleh sejarawan. Beberapa sumber primer yang ditemukan bisa saja tidak dalam keadaan utuh atau sudah rusak, sehingga tak bisa melakukan riset lebih lanjut.

Sumber primer terdiri dari :

Sumber Tulisan
Sumber tulisan merupakan sumber yang diperoleh dari peristiwa masa lalu melalui beberapa peninggalan berupa dokumen, naskah, prasasti, dan rekaman suatu kejadian. Data-data dari sumber tulis bisa dikatakan sebagai sumber yang paling baik.

Sumber Lisan
Sumber lisan merupakan keterangan tentang suatu peristiwa yang terjadi dimasa lalu yang diperoleh dari pelaku peristiwa tersebut atau bisa diartikan secara langsung. Contohnya keterangan mengenai peristiwa G30S/PKI dari pelaku peristiwa tersebut.

Sumber Benda
Sumber benda merupakan data atau keterangan mengenai sebuah peristiwa masa lalu yang diperoleh para sejarawan / penulis sejarah dari benda-benda peninggalan sejarah. 

Contoh Sumber Primer

Apa saja contoh contoh sumber primer? Dari penjelasan diatas, mengenai pengertian sumber primer dalam penulisan sejarah. Kalian tentu dapat mengambil contoh dari sumber primer / atau sumber yang benar-benar asli tanpa penyuntingan. Berikut ini beberapa contoh sumber primer, antara lain :

Contoh sumber primer :

  1. Wawancara, survai dan penelitian lapangan
  2. Artikel journal ilmiah yang melaporkan hasil penlitian
  3. Data-data berupa statistik contohnya berupa sensus
  4. Karya sastra seperti fiksi dan sajak
  5. Otobiografi dan buku catatan harian
  6. Pidato, surat dan korespondensi
  7. Foto dan dokumen orisinil 
Baca Juga :
1. Pengertian Sumber Sekunder Beserta Contohnya
2. Pengertian Sumber Tersier Beserta Contohnya

Itulah sedikit pembahasan mengenai Pengertian Sumber Primer dan Contoh Sumber Primer secara singkat dan jelas. Semoga bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa baca artikel menarik lainnya. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sumber Primer Dalam Sejarah Beserta Contohnya

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment