Kumpulan informasi menganai sejarah dan tempat wisata di Indonesia maupun Dunia.

Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut

Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut – Pada pembahasan sebelumnya dijelaskan bahwa pada masa prasejarah, kehidupan manusia pada masa itu harus melalui beberapa tahap. Setelah sebelumnya membahas mengenai masa berburu dan mengumpulkan makanan, pada pembahasan selanjutnya yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut.

Apa sebenarnya perbedaan antara masa berburu dan mengumpulkan makanan dan masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut? kalian akan menemukan jawabannya setelah membaca pembahasan kali ini. Simak pembahasan berikut ini.

Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut
Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut

Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut

Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut berlangsung pada zaman atau kala Pasca-Pleistosen. Kehidupan manusia pada masa ini masih sama seperti pada masa sebelumnya yakni masih bergantung pada alam. Kehidupannya masih seperti sebelumnya seperti berburu binatang di dalam hutan, mengumpulkan makanan berupa umbi-umbian, biji-bijian, buah-buahan, dan menangkap ikan.

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut, alat-alat kehidupan seperti kapak genggam dan alat-alat dari tulang masih digunakan dan dikembangkan. Pada masa ini. manusia purba ada yang hidup di daerah pesisir. Makanan pokok mereka yaitu berupa ikan laut dan kerang.

Kehidupan di daerah pesisir pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut dibuktikan dengan penemuan tumpukan kulit kerang di bekas tempat tinggal mereka. Selain kulit kerang, ditemukan juga beberapa alat-alat yang mereka gunakan seperti kapak genggam, mata tombak, mata panah dan mata kail.

Perbedaan dari masa sebelumnya

Perbedaan yang muncul pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut dari masa sebelumnya adalah manusia purba yang hidup, mereka lebih lama mendiami suatu tempat. Hal ini dilakukan karena jumlah makanan yang mereka kumpulkan cukup banyak. Selain itu, binatang buruan juga mulai diawetkan dengan cara di jemur dan diberi ramuan.

Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut juga ditandai dengan tempat tinggal manusia purba pada masa itu yaitu di Gua-gua. Gua yang dipilih untuk ditempati yaitu memiliki letak cukup tinggi yakni seperti di lereng-lereng bukit. Tempat ini dipilih untuk melindungi diri dari ancaman iklim dan binatang buas.

Manusia yang hidup pada masa ini mulai melakukan kegiatan bercocok tanam dengan sederhana dan dilakukan masih berpindah-pindah tempat atau bisa disebut berhuma. Hutan yang akan mereka tanami ditebang dan dibakar sehingga bersih dan siap untuk di tanami. Setelah tanah tidak subur lagi, hutan tersebut mereka tinggalkan untuk mencari tempat baru.

Kehidupan semi menetap pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut memberikan banyak waktu luang bagi manusia pendukung masa ini. Waktu luang yang ada, mereka gunakan untuk membuat alat-alat dari batu dan tulang. Mereka juga membuat lukisan-lukisan pada dinding gua seperti lukisan cap telapak tangan, hewan (babi, kadal), menggambar kegiatan sehari-hari mereka, dll.

Baca Artikel Selanjutnya :
Demikian pembahasan mengenai Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut Rangkuman Materi. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua, sekian terima kasih dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment