Kumpulan Artikel Sejarah dan Tempat Wisata di Indonesia dan Dunia

13 Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Apa sebenarnya makna proklamasi bagi bangsa Indonesia? kalian akan menemukan jawabannya pada artikel kali ini. Seperti yang kita ketahui, Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan suatu bentuk peralihan kekuasaan dari negara yang dijajah menjadi negara merdeka atau bisa disebut bebas dari penjajahan.

Setelah merdeka, Republik Indonesia kemudian menjadi negara yang berdaulat penuh dengan kekuasaan mutlak tanpa intervensi dari negara lain, menjadi tolak ukur untuk mengatur sendiri bentuk pemerintahan dan tata susunan pemerintahan yang dikehendaki oleh para pendiri bangsa. Lantas apa makna proklamasi bagi bangsa Indonesia?

13 Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

1. Lahirnya Sebuah Negara Indonesia

Setelah adanya proklamasi atau sesudah Indonesia merdeka, maka lahir lah negara Republik Indonesia yang bebas dari penjajahan, berdiri sendiri, tanpa dikuasai oleh bangsa mana pun. Tetapi dalam perkembangan selanjutnya, negara ini di usik kembali oleh bangsa-bangsa penjajah yang kemudian memunculkan beberapa pertempuran besar, salah satunya Agresi Militer Belanda 1.

2. Merupakan Puncak Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan

Sebelum dilakukannya proklamasi kemerdekaan, para pejuang kita telah berusaha mati-matian agar negara tercinta ini bebas dari penjajahan sejak zaman pergerakan nasional sampai masa penjajahan Jepang, maka peristiwa bersejarah "Proklamasi Kemerdekaan" merupakan puncak perjuangan kemerdekaan yang telah dilakukan selama berpuluh-puluh tahun.

3. Titik Tolak atau Awal Pelaksanaan Amanat Penderitaan Rakyat

Artinya sebuah awal pemerintahan dimulai, dengan mengutamakan kepentingan rakyat dalam segala urusan pemerintahan. Seperti yang kita ketahui, rakyat telah menderita selama berpuluh-puluh tahun akibat penjajahan kolonialisme yang sangat menyiksakan dan menyakitkan.
Rekomendasi Artikel Untuk Anda :
  1. Partai Politik Pada Awal Kemerdekaan
  2. Pembentukan PDRI di Bukittinggi
  3. Tokoh-Tokoh Sekitar Proklamasi

4. Berakhirnya segala Bentuk Penjajahan dan Dimulainya Sebagai Negara Merdeka

Masa di mana menjadi sebuah bangsa yang dijajah oleh negara-negara seperti Belanda, Inggris, Jepang telah berakhir, membuka lembaran baru menjadi sebuah negara merdeka, tanpa melupakan sejarah kelam dan belajar dari masa lalu, agar ke depannya lebih baik.

5. Menjadi Pernyataan De Facto atau Pengakuan Kedaulatan Sebuah Negara

Dengan adanya proklamasi, maka bangsa Indonesia menyatakan telah merdeka. De Facto merupakan bahasa latin, artinya Fakta atau pada kenyataannya.

6. Menaikkan Martabat Bangsa

Setelah dilakukannya proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945, martabat dan harga diri bangsa semakin naik, tidak seperti sebelumnya karena desakan penjajah.

7. Tonggak Sejarah bangsa Indonesia

Artinya peristiwa proklamasi menjadi momentum penting yang memiliki makna bagi perkembangan, sehingga dapat merubah pola pikir, sikap dan tindakan yang akan dilakukan untuk lebih maju kedepannya.

8. Aspek Hukum

Sebelum merdeka, hukum yang berlaku di Indonesia adalah hukum kolonial. Setelah proklamasi, maka pemerintah Indonesia yang sudah terbentuk sesegera mungkin mengganti hukum bangsa penjajah tersebut dengan hukum resmi yang dibuat oleh bangsa Indonesia.

9. Aspek Historis

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia ditinjau dari aspek historis maksudnya adalah dengan adanya proklamasi maka titik akhir sejarah kesusahan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah dan menjadi titik awal Indonesia sebagai negara merdeka.

10. Aspek Sosiologis

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia pada aspek sosiologis yaitu munculnya rasa bebas dan merdeka dalam diri seluruh rakyat Indonesia.

11. Aspek Kultural

Dengan adanya Proklamasi maka munculnya peradaban baru dimana harkat dan martabat semua masyarakat Indonesia sejajar (sama). Rasa kemanusiaan yang muncul pada kehidupan masyarakat mulai berkembang dengan cepat.

12. Aspek Politis

Makna Proklamasi bagi bangsa Indonesia pada aspek politis yaitu dapat menegaskan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat dan memiliki kedudukan sama dengan negara-negara lainnya.

13. Aspek Spiritual

Makna Proklamasi pada aspek spiritual yaitu menyadarkan kita bahwa kemerdekaan yang telah bangsa Indonesia peroleh merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Tanpa rido darinya perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah mungkin tidak akan berhasil.

Setelah Indonesia merdeka melalui berbagai proses yang diakhiri dengan proklamasi kemerdekaan, langkah selanjutnya yang harus ditempuh oleh pemerintah Indonesia yang baru pertama kali dibentuk adalah usaha untuk membentuk struktur dan infrastruktur pemerintahan di Indonesia. Pembentukan tersebut nampaknya tidak mudah untuk dilakukan dan harus melalui proses yang sulit. Kesulitan-kesulitan tersebut disebabkan karena beberapa hal, antara lain :
  1. Kepentingan masing-masing golongan dan partai politik dalam hal untuk menentukan kebijakan, sehingga sering sekali berganti-ganti kabinet.
  2. Kondisi sosial masyarakat yang belum sepenuhnya stabil.
  3. Ekonomi Republik Indonesia masih terpuruk, hal ini karena negara ini merupakan  peninggalan bangsa penjajah dan penjajahan tersebut menimbulkan inflasi yang sangat tinggi di semua sektor.
Ketiga masalah tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah Indonesia yang baru saja dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1945. Bentuk kesulitan yang sudah disebutkan diatas dapat menimbulkan konflik internal, hal ini karena mereka cenderung berbeda faham dan pandangan baik antar individu, organisasi dan partai politik.

Namun segala masalah yang muncul dapat dihadapi dengan bijaksana, sehingga semua kemelut dan permasalahan yang muncul tersebut dapat diatasi dengan baik dan republik Indonesia dapat berdiri kokoh hingga sampai sekarang. Faktor sukses tersebut tentu tidak hanya dari pemerintah, tapi berkat kelegowoan semua pihak demi terciptanya kesatuan dan stabilitas bangsa.
Artikel Menarik Lainnya :
Demikian penjelasan mengenai Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa baca artikel terkait dengan kemerdekaan Indonesia berikut ini. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian, terima kasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : 13 Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia