Kumpulan informasi menganai sejarah dan tempat wisata di Indonesia maupun Dunia.

Isi 7 Prasasti Yupa Peninggalan Dan Sumber Sejarah Kerajaan Kutai

Isi 7 Prasasti Yupa - Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai Sejarah Kerajaan Kutai mulai dari awal berdiri, lokasi, masa kejayaan, masa keruntuhan dan beberapa peninggalannya. (Bagi yang belum membacanya bisa dibaca terlebih dahulu). Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua yang pernah berdiri di Nusantara. Bukti-bukti mengenai kerajaan ini dapat kita ketahui dari beberapa peninggalan yang berhasil ditemukan. Peninggalan-peninggalan tersebut merupakan sumber sejarah kerajaan kutai, salah satunya berupa 7 Prasasti Yupa.

Apa pengertian prasasti? Baca : Pengertian Prasasti dan Fungsinya. Untuk mengetahui isi 7 prasasti Yupa peninggalan kerajaan Kutai, aneh rasanya kalau kita tidak mengetahui apa itu pengertian Yupa. Yupa adalah sebuah tugu atau monumen yang dibuat dari batu dan terdapat tulisan yang memuat sebuah informasi. Yupa sendiri merupakan peninggalan dari kerajaan Kutai yang dibuat oleh kaum Brahmana. Selain prasasti Yupa, ada beberapa peninggalan lain yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah Kerajaan Kutai. Apa saja? Baca sampai selesai.

7 Prasasti Yupa
7 Prasasti Yupa

Isi 7 Prasasti Yupa

Apa saja isi Prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai? Peninggalan Kerajaan Kutai berupa Yupa memang sedikit membingungkan para ahli sejarah, karena dalam tugu batu tersebut tidak terdapat angka tahun mengenai kerajaan tersebut. Akan tetapi, berdasarkan tulisan / hurufnya Yupa ini dibuat pada abad ke 4 masehi. Yupa yang berhasil ditemukan merupakan salah satu sumber sejarah kerajaan Kutai yang harus kita ketahui.


Isi Prasasti Yupa membahas mengenai beberapa poin-poin penting mengenai kerajaan yang pernah berdiri di Kutai tersebut. Apa saja isinya? Berikut penjelasannya.

Poin Pertama

Pada isi prasasti Yupa poin pertama, disitu dijelaskan mengenai silsilah raja-raja kerajaan Kutai. Mulai dari awal berdiri yaitu raja Mulawarman. Dalam prasasti yupa ini dijelaskan bahwa raja tersebut sangat baik, kuat dan berkuasa. Asal usul Mulawarman merupakan anak dari Asmawarman atau cucu dari Maharaja Kudungga.

Poin Kedua

Pada poin kedua, disitu dijelaskan mengenai kebaikan raja Mulawarman kepada Brahmana. Ia memberikan hadiah berupa tanah kepada mereka. Sudah jelas bahwa prasasti Yupa merupakan sumber sejarah kerajaan Kutai yang benar-benar penting untuk membuktikan keberadaan kerajaan ini.


Poin Ketiga

Pada prasasti ke 3, disitu dijelaskan mengenai pemberian sedekah yang dilakukan oleh Raja Mulawarman kepada kaum Brahmana. Sedekah yang diberikan berupa minyak dengan lampu dan malai bunga. Sedekah diberikan untuk media peribadatan. 

Poin Keempat

Pada poin ke 4 dalam sumber sejarah kerajaan Kutai tersebut dijelaskan mengenai masa kejayaan kerajaan dibawah pimpinan raja Mulawarman. Dalam prasasti disebutkan bahwa raja memberikan sedekah berupa 20 ekor sapi kepada kaum Brahmana. Dari jumlah sedekah tersebut kita dapat menganalisis bahwa pada masa itu, kerajaan Kutai sedang dalam masa kejayaannya.
.
Poin kelima

Pada poin kelima prasasti yupa peninggalan kerajaan Kutai dijelaskan bahwa Yupa yang merupakan sumber sejarah kerajaan ini dibuat oleh kaum Brahmana. Pembuatan prasasti yupa dilakukan untuk mengenang keberanian dan kebaikan yang diberikan oleh raja Mulawarman.


Dari isi 7 prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai tersebut merupakan sumber sejarah yang dapat kita ketahui untuk memperkuat kita mengenai keberadaan kerajaan tersebut. Selain yupa, ada  juga beberapa peninggalan kerajaan Kutai lainnya. Baca : Peninggalan Kerajaan Kutai

Itulah penjelasan mengenai Isi 7 Prasasti Yupa Peninggalan Dan Sumber Sejarah Kerajaan Kutai. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Sekian terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Isi 7 Prasasti Yupa Peninggalan Dan Sumber Sejarah Kerajaan Kutai

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment