3 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Cilacap Beserta Gambarnya

3 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Cilacap Beserta Gambarnya - Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang lokasinya berbatasan dengan beberapa kabupaten seperti sebelah barat dengan Kabupaten Ciamis, sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kebumen. Secara geografis Kabupaten Cilacap lokasinya berada di ujung selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Seperti kabupaten lainnya, Cilacap juga memiliki peninggalan sejarah yang wajib kita ketahui. Beberapa peninggalan sejarah di Kabupaten Cilacap membuktikan bahwa daerah ini pernah mengalami masa-masa dimana peristiwa bersejarah terjadi. Berikut ini 3 peninggalan sejarah di Kabupaten Cilacap yang wajib kita ketahui keberadaannya.

3 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Cilacap

1. Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pendem Cilacap
Peninggalan sejarah di Kabupaten Cilacap yang cukup terkenal dikalangan masyarakat yaitu Benteng Pendem. Benteng pendem merupakan benteng bekas peninggalan masa penjajahan Belanda di Indonesia. Benteng ini dibangun pada tahun 1861 sampai 1879 atau selama 18 tahun, nama lain dari benteng ini dalam bahasa belanda yaitu Kustbatterij op de Landtong te Cilacap. Luas area benteng pendem yaitu 10,5 hektar. Lokasinya berada di Dusun Kebonjati, Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap. Lokasi tersebut sangat dekat dengan wisata yang sangat terkenal di Cilacap yakni Pantai Teluk Penyu.

2. Benteng Karang Bolong

Peninggalan sejarah di Kabupaten Cilacap kedua yang harus kita ketahui adalah Benteng Karang Bolong. Benteng ini merupakan benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis, tetapi pada masa penjajahan Belanda benteng tersebut akhirnya dapat dikuasai. Benteng karang bolong dibangun pada tahun 1837 sampai 1855. Benteng ini dibuat dengan batu bata berlepa. Terdapat 4 lantai, 2 lantai dibuat diatas permukaan tanah, sementara 2 lainnya berada di bawah tanah. Sementara itu, lokasi benteng karang bolong berada di Pulau Nusakambangan. Lokasi tersebut bisa di jangkau dari pantai Teluk Penyu dengan menggunakan prahu selama 15 menit.
Benteng Karang Bolong Cilacap
Benteng Karang Bolong Cilacap
3. Stasiun Kereta Api

Stasiun Kereta Api Cilacap merupakan bangunan bersejarah di Kabupaten Cilacap. Bangunan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda, tepatnya dibangun pada tahun 1884 oleh perusahaan Staats Spoorwagen. Pembangunan stasiun ini tidak lepas dari adanya pelabuhan yang cukup ramai pada saat itu. Stasiun Kerata Api yang ada di Cilacap ini dapat dikatakan sebagai peninggalan sejarah karena memang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi terkait dengan perkembangan Kabupaten Cilacap pada masa penjajahan Belanda.

Stasiun Kereta Api Cilacap
Stasiun Kereta Api Cilacap
Itulah 3 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Cilacap Beserta Gambarnya yang wajib kita ketahui. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa share dan like agar temen-temen kalian juga dapat mengetahuinya. Sekian, kurang lebihnya penulis mohon maaf, terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Peninggalan Sejarah di Kabupaten Cilacap Beserta Gambarnya

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment