Biografi Bung Tomo Secara Singkat dan Sejarah Perjuangannya

Biografi Bung Tomo dan Sejarah Perjuangannya - Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas topik terkait dengan Biografi Ir Soekarno secara singkat, kemudian pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai biografi dan sejarah perjuangan tokoh yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu bernama Bung Tomo. Menarik bukan? oke langsung saja simak biografi dan sejarah perjuangan bung tomo secara singkat berikut ini.

Bung Tomo merupakan pahlawan nasional yang berasal dari kota yang ada di Jawa Timur, yaitu Surabaya. Pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, ia bersama arek-arek suroboyo berusaha mengusir dan melawan pasukan Belanda yang kembali ke Indonesia pasca kemerdekaan. Berkat jasa yang besar dalam perjuangannya mempertahankan Indonesia, ia kemudian diangkat menjadi pahlawan nasional. 

Biografi Bung Tomo

Bung Tomo

Nama Lengkap : Sutomo
Nama Populer   : Bung Tomo
Tanggal Lahir   : 3-10-1920 / 3 Oktober 1920
Tempat Lahir    : Surabaya, Jatim (Jawa Timur)
Dikenal             : Sebagai Pahlawan Nasional asal Surabaya
Sutomo atau terkenal dengan nama Bung Tomo merupakan pahlawan nasional yang lahir di kota Surabaya pada 3 Oktober 1920. Nama Bung Tomo lebih dikenal dan lebih populer di kalangan rakyat pada masa itu maupun sekarang ini. Ia dilahirkan dan dibesarkan dalam keluarga kelas menengah, oleh karena itu keluarganya sangat menjunjung tinggi pendidikan.

Ayah Bung Tomo bernama Kartawan Tjiptowidjojo berasal dari kelas menengah, ia pernah bekerja di dalam pemerintahan. Ia pernah bekerja sebagai pegawai kecil ekspor impor milik Belanda yang ada di Indonesia, sebagai pegawai pemerintahan, sebagai staf pribadi di perusahaan swasta. Sementara itu, ibunya memiliki campuran keturunan dari Jawa Tengah, Madura dan Sunda.

Dalam hidupnya Bung Tomo selalu bekerja keras, hal ini dilakukan untuk memperbaiki keadaan agar kehidupannya menjadi lebih baik lagi. Ia terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO pada usia 12 tahun dan kemudian bekerja untuk mengatasi krisis dunia pada saat itu. Ia kemudian memulai kembali pendidikanya di HBS tetapi Bung Tomo tidak pernah resmi lulus di sekolah tersebut.

Pada saat usianya masih muda Bung Tomo  aktif dalam organisasi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Bung Tomo menegaskan bahwa dari filsafat kepanduan tersebut ia mendapat kesadaran nasionalis. Ia menjelaskan bahwa dari kepanduan dan dari kakenya, merupakan pengganti pendidikan formal yang ia tinggalkan. Pada usianya yang masih 17 tahun, ia berhasil mencapai peringkat Pandu Garuda. Hal tersebut kemudian menjadikannya terkenal, karena ia merupakan orang kedua yang berhasil mencapai peringkat tersebut di Hindia Belanda (masa penjajahan Belanda).

Selain sebagai Pandu Garuda, Bung Tomo juga memiliki minat dalam bidang Jurnalisme. Minat tersebut kemudian direalisasikan dengan ia bekerja sebagai wartawan lepas di Harian Soera Oemoem di Surabaya, tepatnya pada tahun 1937. Karir selanjutnya yaitu sebagai penulis pojok harian berbahasa jawa pada tahun 1939.

Pada masa pendudukan jepang atau penjajahan jepang, Sutomo bekerja di kantor harian tentara pendudukan Jepang. Kantor tersebut merupakan bagian khusus bahasa Indonesia untuk wilayah Jawa Timur. Bung Tomo bekerja pada kantor harian tersebut dalam kurun waktu 3 tahun, yaitu dari 1942 sampai 1945. Kemudian saat kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, ia memberitakannya pada kantor harian tersebut dalam bahasa Jawa, hal tersebut dilakukan untuk menghindari kecurigaan pemerintah Jepang.

Perjuangan Bung Tomo Untuk Indonesia

Perjuangan yang dilakukan oleh Bung Tomo yang dilakukan untuk Indonesia terkenal dengan "Pertempuran Surabaya 10 November 1945". Secara singkat, pertempuran tersebut dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda yang dilakukan oleh orang Belanda di Hotel Yamato. Bagi yang ingin mengetahui secara detail pertempuran Surabaya silahkan baca artikel di bawah postingan ini.

Demikian pembahasan terkait dengan Biografi Bung Tomo Secara Singkat dan Sejarah Perjuanganya, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa baca artikel di bawah ini dan bantu share. Sekian Terimakasih.

                       Baca Juga :
                       1. Sejarah Peristiwa Rengasdengklok
                       2. Sejarah Pertempuran Surabaya 10 November 1945

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Biografi Bung Tomo Secara Singkat dan Sejarah Perjuangannya

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment