Kumpulan informasi menganai sejarah dan tempat wisata di Indonesia maupun Dunia.

Isi Prasasti Pasir Awi Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Sejarah dan Isi Prasasti Pasir Awi - Pada pembahasan kali ini sumber sejarah akan membahas salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Prasasti Pasir Awi bisa juga disebut dengan prasasti Cemperai merupakan prasasti yang ditemukan pada tahun 1864 oleh tokoh bernama NW Hoepermans.

Lokasi prasasti Pasir Awi berada di sebelah selatan lereng bukit Pasir Awi, tepatnya di desa Suka Makmur, Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Bogor. Berdasarkan lokasi tersebut, prasasti ini berada pada ketinggian 559 meter diatas permukaan laut dan termasuk di dalam kawasan perbukitan Cipamiskis. Lantas bagaimana bentuk dan isi prasasti Pasir Awi? berikut penjelasannya !

Bentuk dan Isi Prasasti Pasir Awi

Prasasti Pasir Awi berbentuk batu alam, kemudian isi pada batu tersebut terdapat gambar berupa dahan dan ranting, buah-buahan serta dedaunan. Selain gambar tersebut, terdapat juga gambar pahatan sepasang telapak kaki pada batu prasasti ini (untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini).

Isi Prasasti Pasir Awi Peninggalan Kerajaan Tarumanegara
Prasasti Pasir Awi
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, prasasti pasir awi ini berada pada lereng bukit. Gambar pahatan berupa telapak kaki yang terdapat pada batu tersebut menghadap ke arah utara dan timur. Dari arah kaki tersebut, prasasti ini menghadap ke wilayah bukit dan lembah yang posisinya sangat curam dan berbahaya. Keindahan bukit dan lembah yang terdapat disana membuat rasa takut hilang, padahal disitu berada di posisi yang curam.

Berdasarkan informasi yang didapat dari masyarakat sekitar, lokasi prasasti Pasir Awi sudah termasuk sebagai kawasan Cagar Budaya yang dilindungi oleh pemerintah Kab. Bogor. Tapi sangat disayangkan informasi mengenai prasasti ini sangat minim, hanya terdapat pengumuman mengenai larangan untuk tidak merusak segala bentuk peninggalan sejarah ditempat itu. Tidak ada informasi mengenai sejarah prasasti tersebut.

Beberapa pengunjung pasti akan datang untuk mengunjungi prasasti ini, kunjungan mereka bukan dalam rangka berwisata melainkan untuk melaksanakan ritual tertentu untuk mendapatkan berkah. Bagi yang ingin mengunjungi lokasi prasasti Pasir Awi diharapkan untuk tetap menjaga kelestarian cagar budaya peninggalan kerajaan Tarumanegara tersebut.

Bagi kalian yang akan mengunjungi prasasti Pasir Awi, kalian tidak akan rugi mengunjungi prasasti tersebut. Karena saat perjalanan menuju prasasti, kalian akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah dan menarik, walaupun perjalanannya begitu menanjak dan berbahaya. Terdapat pemandangan pegunungan yang indah yang mengelilingi Prasasti Pasir Awi.

Demikian pembahasan mengenai Isi Prasasti Pasir Awi Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Baca Juga :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Isi Prasasti Pasir Awi Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment