Kumpulan informasi menganai sejarah dan tempat wisata di Indonesia maupun Dunia.

Kondisi Politik, Sosial dan Ekonomi Indonesia Pasca Reformasi

Kondisi Politik, Sosial dan Ekonomi Indonesia Pasca Reformasi - Pengertian Reformasi adalah sebuah gerakan yang menghendaki adanya perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa. Perubahan yang diharapkan nantinya akan menuju ke arah yang lebih baik, perubahan yang diharapkan terjadi dalam segala aspek kehidupan meliputi : Bidang Ekonomi, Politik, Sosial, Hukum dan Budaya.

Reformasi dilakukan dengan Demokratis berdasarkan prinsip kebebasan, persaudaraan dan persamaan. Reformasi tidak bisa ditawar-tawar, reformasi di Indonesia muncul karena adanya krisis dalam segala aspek kehidupan. Selain itu, yang lebih parah adalah adanya krisis kepercayaan dalam tubuh pemerintahan yang ada. Oleh karena itu, reformasi di Indonesia dilakukan agar supaya adanya pergantian pemimpin, langkah ini dilakukan agar bisa mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Reformasi di Indonesia berlangsung ketika kekuasaan rezim Orde Baru mulai runtuh, yakni pada tahun 1998. Setelah Presiden Suharto lengser, maka Indonesia memasuki babak baru dalam menjalani masa Reformasi dan mengakhiri masa Orde Baru yang begitu panjang perjalanannya. Lantas bagaimana kondisi politik, sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia pasca Reformasi berlangsung? berikut ini penjelasannya.

Kondisi Politik, Sosial dan Ekonomi Indonesia Pasca Reformasi
Aksi memperjuangkan Reformasi 1998

Kondisi Politik Pasca Reformasi

Bagaimana kondisi politik Indonesia pasca / setelah reformasi berlangsung pada tahun 1998? Setidaknya ada beberapa perubahan yang terjadi dalam bidang politik, kondisi politik Indonesia berbeda dengan masa sebelumnya, yakni Orde Baru. Terdapat kelebihan dan kekurangan sistem politik Indonesia pasca reformasi, berikut ini penjelasannya.

Kelebihan Sistem Politik Indonesia setelah / Pasca Reformasi meliputi :
  • Rakyat dibebaskan dalam berpendapat.
  • Tidak ada lagi kekerasan bagi orang yang mengkritik pemerintah.
  • Antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam bidang politik semakin tinggi, salah satunya dalam pembentukan partai-partai baru.
  • Adanya perbaikan dalam Hak Asasi Manusia (HAM) yang sebelumnya banyak dilanggar pada masa Orba.
  • Keadilan dalam masyarakat semakin terasa dan menyeluruh. Sebagai contoh etnis Cina / Tionghoa memiliki kedudukan dan hak yang sama seperti warga negara lainnya.
  • Otonomi daerah mulai diterapkan, hal ini dilakukan agar daerah memiliki kewenangan yang lebih terhadap daerahnya.
Kekurangan bidang politik pasca Reformasi di Indonesia, meliputi :
  • Semakin banyaknya teroris di Indonesia, hal ini terjadi karena Indonesia terlalu terbuka terhadap dunia luar / luar negeri.
  • Banyaknya kerusuhan yang terjadi akibat adanya demonstrasi secara bebas.
  • Berkembangnya Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN)
  • Kebebasan pers yang terlalu bebas tanpa adanya pengawasan. Mengakibatkan banyaknya penebar kebencian, terutama di media sosial (saat ini).
  • Setiap orang yang melakukan kejahatan akan menggunakan HAMnya dalam membela diri, sehingga kejahatan semakin berkembang.

Kondisi Sosial Pasca Reformasi

Bagaimana kondisi sosial Indonesia pasca Reformasi? Setelah masa Orde Baru berakhir dan memasuki masa reformasi banyak sekali permasalahan sosial yang muncul. Salah satu masalah adalah lepasnya Timor Timur yang memilih untuk merdeka sendiri keluar dari Indonesia. Daerah-daerah yang rawan terjadi hal seperti ini yaitu Irian Jaya dan Aceh, kedua daerah tersebut kemudian diberikan otonomi khusus kepada daerah tersebut agar tidak keluar dari Republik Indonesia.

Setelah daerah-daerah tersebut diberi Otonomi Khusus, tetapi gerakan separatis tetap muncul dan berkembang. Di Irian Jaya terdapat Gerakan Papua Mereka, sementara di Aceh terdapat GAM (Gerakan Aceh Merdeka). Pemerintah pusat berusaha membasmi gerakan-gerakan tersebut dengan cara halus melalui perundingan atau cara lain, tetapi usaha yang dilakukan tidak dapat meluluhkan gerakan tersebut, terpaksa pemerintah harus menindak secara tegas gerakan sparatis yang ada di daerah-daerah ini.

Kondisi sosial pasca reformasi adalah banyaknya orang-orang yang terkena PHK, hal ini terjadi karena banyak sekali perusahaan yang bangkrut sebelum masa ORBA sepenuhnya berakhir. Rakyat yang hidup digaris kemiskinan semakin bertambah. Pemerintah kemudian melakukan usaha dengan membuka lapangan kerja baru bagi rakyat, sehingga sedikit demi sedikit masalah yang timbul pasca reformasi dapat teratasi.

Kondisi Ekonomi Pasca Reformasi

Bagaimana kondisi ekonomi Indonesia pasca Reformasi? Kondisi ekonomi Indonesia pasca reformasi yaitu mengalami keterpurukan. Hal ini disebabkan karena terjadi krisis ekonomi pada pertengahan tahun 1997. Inflasi yang ditimbulkan dari krisis ini semakin meningkat dan membuat rakyat hidup miskin dan menderita. Dari keadaan ekonomi tersebut, para investor asing kemudian memilih untuk mengalirkan dananya ke luar negeri. Hal ini dilakukan karena melakukan investasi di Indonesia tidak ada jaminan keamanannya, sehingga Indonesia kehilangan banyak investor asing.

Selain inflasi yang ditimbulkan, pemerintah Indonesia juga tidak sanggup mengontrol mata uang asing yang diedarkan di Indonesia. Akibat tidak adanya dana untuk mengatasi segala masalah mengenai ekonomi Indonesia, akhirnya langkah yang dilakukan adalah melakukan pinjaman ke luar negeri. Akan tetapi, semua pinjaman yang dilakukan ternyata tidak membuahkan hasil dan semakin memperburuk keadaan. Negara mengalami defisit yang begitu banyak, ditambah lagi banyak sekali pejabat yang berkorupsi secara berjamaah, hal ini memperburuk keadaan ekonomi Indonesia saat itu. Sementara itu, usaha yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah ekonomi ini adalah dengan melakukan kegiatan ekonomi yang difokuskan kepada peningkatan produksi pangan.

Demikian pembahasan mengenai Kondisi Politik, Sosial dan Ekonomi Indonesia Pasca Reformasi secara jelas. Semoga bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa like dan share agar teman-teman kalian dapat membacanya. Sekian, terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kondisi Politik, Sosial dan Ekonomi Indonesia Pasca Reformasi

0 Boleh Komentar asal tidak Spam.:

Post a Comment