Artikel Sejarah dan Tempat Wisata Menarik

Isi Prasasti Lebak Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Gambar dan Isi Prasasti Lebak - Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai peninggalan kerajaan Tarumanegara berupa prasasti Lebak atau nama lainnya yaitu prasasti Cidanghiyang. Selain isi prasasti, penjelasan pada artikel ini meliputi letak, penemu, bentuk dan gambarnya. Langsung saja simak penjelasan berikut ini ! semoga kalian menemukan informasi yang sedang kalian gali lebih dalam.

Siapa penemu prasasti Lebak atau Cidanghiyang? penemu prasasti ini bernama Toebagus Roesjan, dia lah orang yang pertama kali melaporkan keberadaan prasasti lebak. Ia melaporkan keberadaan prasasti tersebut kepada Dinas Purbakala pada tahun 1947. Namun usaha untuk meneliti prasasti Lebak dapat dilakukan 7 tahun kemudian, tepatnya tahun 1954.

Prasasti Lebak : Isi, bentuk, penemu dan gambarnya
Gambar Prasasti Lebak

Isi Prasasti Lebak

Sebelum membahas isi prasasti Lebak, tentu kalian ingin mengetahui dimana sebenarnya lokasi prasasti ini ditemukan. Lokasi prasasti ini ditemukan di tepi sungai Cindanghiyang, nah dari lokasi tersebut kemudian prasasti Lebak juga sering dikenal dengan nama prasasti Cidanghiyang. Lokasi sungai tersebut berada di desa Lebak, kec. Munjul, kab. Pandeglang.

Bentuk prasasti Lebak yaitu berupa batu alami yang berukuran 3 x 2 x 2 meter, pada batu tersebut terdapat tulisan yang dipahatkan dan merupakan inti dari isi prasasti. Berikut ini gambar / foto prasasti Lebak :

Batu prasasti pada gambar diatas memuat tulisan berjumlah dua baris dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Lantas apa isi prasasti Lebak? Isi prasasti lebak menceritakan tentang keberanian dan kebesaran raja Purnawarman. Berikut ini isi teksnya :

Teks isi prasasti lebak diatas dapat diartikan bahwa "Inilah (tanda) keperwiraan, keagungan, dan keberanian yang sesungguhnya dari raja dunia, yang Mulia Purnawarman yang menjadi panji sekalian raja-raja" (sumber wikipedia).

Baca Juga :
Demikian pembahasan mengenai Isi Prasasti Lebak atau Cidanghiyang meliputi penemu bentuk dan gamarnya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Sekian, terimakasih

Share ke teman kamu:

Related : Isi Prasasti Lebak Peninggalan Kerajaan Tarumanegara