Kumpulan Materi Sejarah, Wisata dan Artikel Menarik Lainnya

Silsilah Raja Kerajaan Majapahit Lengkap

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Silsilah Raja di Kerajaan Majapahit secara lengkap dan singkat. Mungkin para pembaca sering mendengar mengenai raja-jara Kerajaan Majapahit yang tidak asing dan sering disebutkan guru sejarah di sekolahan. Raja-raja yang cukup terkenal dari Majapahit adalah Raden Wijaya dan Hayam Wuruk. 

Raja Wijaya sendiri adalah pendiri dari Kerajaan Majapahit sementara Hayam Wuruk merupakan raja yang berhasil membawa kerajaan ini mencapai puncak kejayaan pada tahun 1350 sampai tahun 1398 masehi. Selain Raja-raja yang terkenal tersebut, kerajaan Majapahit juga memiliki patih yang cukup terkenal. Patih tersebut bernama Gajah Mada, ia merupakan patih saat kerajaan ini berjaya.

Baca Juga : Biografi Patih Gajah Mada dan Misteri Makamnya

Gajah mada terkenal dengan sumpahnya yakni "sumpah palapa" yang isinya berjanji untuk menyatukan seluruh wilayah nusantara. Berikut ini penjelasan mengenai silsilah raja majapahit.

Silsilah Raja Majapahit

Silsilah Raja Kerajaan Majapahit Lengkap
Kitab Negarakertagama
Untuk mengetahui mengenai silsilah raja-raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Majapahit, perlu adanya bukti sejarah berdasarkan sumber yang benar-benar real/nyata. Sumber sejarah kerajaan dapat kita ketahui dari isi prasasti Butok, kitab Pararaton dan kitab Negarakertagama. Berdasarkan sumber tersebut, berikut silsilah raja dari Kerajaan Majapahit secara lengkap, meliputi :

1. Raja Wijaya / Raden Wijaya
  • Raden Wijaya merupakan raja sekaligus pendiri Kerajaan Majapahit. Ia memerintah pada tahun 1293 sampai 1309 masehi. Gelar raja yang ia peroleh adalah Kertajaya Jayawardhana. 
2. Raja Jayanegara
  • Raja ini terkenal dengan sebutan nama "Kala Gemet", ia memerintah kerajaan dari tahun 1309 sampai 1328 masehi. Gelar rajanya yaitu Sri jayanegara. Pada masa pemerintahannya terkenal dengan beberapa pemberontakan, contohnya pemberontakan Ranggalawe. 
3. Raja Sri Gitarja
  • Raja Kerajaan Majapahit ketiga ini merupakan seorang putri dari Gayatri. Ia berkuasa pada tahun 1328 sampai 1350 masehi dan bergelar Tribhuwana Tunggadewi. Pada masa ini, nama patih Gajah Mada muncul dan berhasil mengalahkan beberapa pemberontakan, sehingga ia kemudian diangkat menjadi patih Majapahit.
4. Raja Hayam Wuruk
  • Hayam Wuruk merupakan raja ke empat Kerajaan Majapahit, ia mulai memerintah kerajaan ini pada waktu usainya masih sangat muda yakni 16 tahun. Ia berkuasa pada tahun tahun 1350-1389 m. Gelar raja yang ia peroleh adalah Sri Rajasanagara. Saat berkuasa, kerajaan majapahit berhasil mencapai puncak kejayaan.
5. Raja Wikramawardhana
  • Ia merupakan raja yang memerintah Kerajaan Majapahit bagian timur pada tahun 1389 sampai 1429 masehi. Ia kemudian wafat pada tahun 1429 masehi.
6. Raja Suhita
  • Raja Suhita memerintah kerajaan ini pada tahun 1429 sampai 1447 masehi. Gelar raja yang ia peroleh yaitu Dyah Ayu Kencana Wungu.
7. Raja Kertawijaya
  • Raja ketujuh kerajaan majapahit adalah Kertawijaya. Ia menguasai pemerintahan kerajaan ini pada tahun 1447 sampai 1451 masehi. Raja ini juga memiliki gelar yang cukup terkenal yaitu Brawijaya I.
8. Raja Rajasawardhana
  • Raja ini memerintah dari tahun 1451 sampai 1453 masehi. Gelar yang ia peroleh adalah Brawijaya ke II.
9. Raja Purwawisesa
  • Raja Purwawisesa memerintah di Kerajaan Majapahit pada tahun 1456 sampai 1466 masehi. Raja ke sembilan ini memiliki gelar Brawijaya III.
10. Raja Bhre Pandansalas
  • Raja kerajaan majapahit selanjutnya adalah Bhre Pandansalas. Ia berkuasa pada tahun 1466 sampai 1468 masehi dan memiliki gelar Brawijaya IV.
11. Raja Bhre Kertabumi
  • Raja ke 11 ini merupakan raja dengan gelar Brawijaya V. Beliau berhasil menguasai kerajaan majapahit selama 10 tahun yaitu dari tahun 1468 sampai 1478 masehi. 
12. Raja Girindrawardhana
  • Berkuasa dari tahun 1478 sampai 1498 masehi dengan gelar Brawijaya VI
13. Raja / Patih Udara
  • Raja terakhir ini memerintah kerajaan pada tahun 1498 sampai 1518.

Itulah silsilah raja dari Kerajaan Majapahit secara lengkap dan singkat. Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran kalian mengenai raja-raja majapahit. Sekian, terimakasih.

Share ke teman kamu:
Tags :

Related : Silsilah Raja Kerajaan Majapahit Lengkap