"Jas Merah" Jangan sekali-kali melupakan sejarah !

Thursday, July 13, 2017

Pengertian VOC dan Sejarah Berdirinya di Indonesia Rangkuman Singkat

Pengertian VOC dan Sejarah Berdirinya VOC di Indonesia - "VOC" tentunya sebuah singkatan atau kata yang sering kita dengar dan kata tersebut menuju ke topik tentang Penjajahan Belanda di Indonesia. Seperti yang sudah pernah dibahas dalam pelajaran-pelajaran di SMP maupun SMA, Penjajahan Belanda dimulai dari ekspedisi kapal yang dipimpin oleh tokoh bernama Cornelis de Houtman. Dari pelayaran ini, kapal Belanda dapat berlabuh di Nusantara yaitu di Sumatera pada tanggal 6 Juni tahun 1596 dan kemudian di Banten pada 22 Juni.

Dalam pembahasan sebelumnya Sumber Sejarah telah mengulas mengenai materi Tujuan Kedatangan Belanda di Indonesia. Pada pembahasan ini dijelaskan bahwa salah satu tujuan kedatangan belanda adalah untuk mencari rempah-rempah yang kemudian dibawa ke Eropa untuk diperdagangkan. Keuntungan Belanda begitu besar dalam perdagangan ini, akan tetapi Belanda belum puas dan berusaha untuk melakukan Monopoli perdagangan di Indonesia. Dari usaha monopoli inilah kemudian Belanda membentuk sebuah kongsi dagang yang bernama VOC. Berikut ini pembahasan mengenai pengertian dan sejarah berdirinya VOC di Indonesia.

Pengertian VOC dan Sejarah Berdirinya di Indonesia
Pengertian VOC dan Sejarah Berdirinya di Indonesia

Pengertian VOC

Apa pengertian VOC? Pertanyaan ini mungkin pernah terpikirkan oleh kita saat masih di bangku sekolah. VOC sendiri singkatan dari "Verenigde Oostindische Compagnie", dari singkatan ini arti dari VOC adalah persekutuan dagang Hindia Timur atau bisa disebut juga kongsi dagang Belanda dan kumpulan para pedagang Belanda. Kongsi dagang inilah yang kemudian menguasai dan memonopoli perdagangan di Indonesia khususnya pada perdagangan rempah-rempah. Kata "Kompeni" mungkin tidak asing di dengar, ini merupakan sebutan bagi kongsi dagang ini pada saat itu oleh masyarakat Indonesia yang diambil dari kata "Compagnie".

Sejarah Lahir dan Berdirinya VOC

Awal Penjajahan Belanda ternyata melalui sebuah kongsi dagang bentukan Belanda yang bernama VOC, bukan oleh pemerintah Belanda langsung. Voc berdiri atas usulan dari Kerajaan Belanda akibat adanya persaingan dari para pedagang Belanda. Usulan ini terjadi pada tahun 1598 dan pada tanggal 20 Maret 1602 secara resmi VOC lahir dan terbentuk di kota Amsterdam.

Saat berdiri, kongsi dagang VOC memiliki hak-hak istimewa dan juga kewenangan yang luas. Beberapa hak istimewa yaitu mencetak uang sendiri dan hak melakukan monopoli perdagangan di Nusantara. VOC didukung penuh oleh Kerajaan Belanda, misalnya saja kongsi ini memiliki militer atau pasukan perang. Dari hal ini, VOC memiliki julukan negara di dalam suatu negara.

Baca Juga :

Itulah pembahasan mengenai Pengertian dan Sejarah Berdirinya VOC di Indonesia secara singkat, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian VOC dan Sejarah Berdirinya di Indonesia Rangkuman Singkat