Kumpulan informasi menganai sejarah dan tempat wisata di Indonesia maupun Dunia.

Latar Belakang Penjajahan Belanda di Indonesia

Latar Belakang Penjajahan Belanda di Indonesia - Seperti yang kita ketahui, Belanda datang ke Indonesia melalui ekspedisi yang dimulai pada tahun 1595 dengan 4 kapalnya yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman. Kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia tentunya tidak secara spontan dilakukan, tetapi ada sebab yang mempengaruhi kedatangan tersebut. Beberapa faktor yang menjadi latar belakang penjajahan Belanda di Indonesia akan sama-sama kita ulas secara singkat dan jelas.

Berikut ini beberapa faktor latar belakang Penjajahan Belanda di Indonesia :
  • Pada awalnya, wilayah Belanda merupakan daerah jajahan Spanyol dan para pedagang Belanda yang terpusat di Kota Rotterdam harus membeli hasil rempah-rempah di Kota Lisbon Portugis. Rempah-rempah ini diperoleh Portugis dari wilayah Asia (Nusantara dan sekitarnya). Setelah terjadi pemberontakan yang dilakukan Belanda terhadap kekuasaan Spanyol yang berlangsung selama hampir 80 tahun. Belanda akhirnya berhasil merdeka dari jajahan Spanyol, tokoh atau pahlawan utama perjuangan ini adalah William V. Oranye. (Latar Belakang Penjajahan Belanda pertama)
  • Setelah Perang berakhir, kemudian saat Spanyol dipimpin oleh raja Philip pada tahun 1580, ia berhasil menyatukan Spanyol dan Portugis. Penyatuan kedua negara ini membuat Belanda tidak bisa lagi membeli rempah-rempah yang ada di kota Lisbon karena wilayah ini merupakan wilayah sepanyol (musuh belanda). Dari hal inilah kemudian membuat Belanda berinisiatif untuk mencari daerah-daerah penghasil rempah-rempah sendiri agar perdagangan bisa kembali berjalan lancar. (Latar Belakang Penjajahan Belanda kedua)
  • Akhirnya dilakukan lah ekspedisi mencari rempah-rempah, ternyata ada petunjuk mengenai daerah penghasil rempah-rempah yang diperoleh Portugis sekaligus jalur pelayaran yang dilalui. Petunjuk ini didapatkan dari seorang mantan pelaut Belanda yang pernah bekerja untuk Portugis bernama J.H Van Linscoten. (Latar Belakang Penjajahan Belanda ketiga)
Latar Belakang Penjajahan Belanda di Indonesia
Latar Belakang Penjajahan Belanda di Indonesia

Latar Belakang Penjajahan Belanda

Dari ketiga faktor mengenai latar belakang Penjajahan Belanda ke Indonesia yang sudah dijelaskan diatas, poin utama penyebab datangnya belanda adalah perang Belanda terhadap Spanyol. Perang ini terjadi pada tahun 1560 dan selesai 88 tahun kemudian yakni tahun 1648. Sebelum terjadi perang atau sebelum penyatuan Spanyol dan Portugis, Belanda merupakan perantara pada penjualan rampah-rempah antara Lisbon Portugis dan kemudian dijual di wilayah Eropa Utara. Setelah penyatuan Spanyol dan Portugis, pengambilan rempah-rempah dari Lisbon kemudian berakhir.

Setelah berhasil menemukan daerah penghasil rempah-rempah yaitu Nusantara (sekarang Indonesia), pihak Belanda kemudian melakukan transaksi perdagangan dan rempah-rempah tersebut dibawa ke Eropa. Belanda memperoleh rempah-rempah dengan harga yang sangat murah dan dijual dengan keuntungan yang berlipat ganda. Hal ini membuat perdagangan lama kelamaan dikuasai dan dimonopoli oleh Belanda.

Seperti yang kita ketahui sebelum kedatangan Belanda ke Indonesia, Portugis terlebih dahulu sudah menemukan daerah penghasil rempah-rempah ini. Hal ini membuktikan bahwa ada faktor yang menyebabkan datangnya bangsa eropa menjelajahi dunia. Selain penjelasan mengenai latar belakang penjajahan Belanda di Indonesia, berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan bangsa eropa menjelajahi dunia, antara lain :
  • Putusnya hubungan dagang dengan dunia timur akibat jatuhnya Ibukota Romawi yaitu Konstantinopel ke tangan Kerajaan Turki sekitar tahun 1453. Hal ini membuat orang barat mencari jalan menuju daerah rempah-rempah di Asia.
  • Faktor penemuan kompas dan didukung dengan berkembangnya bidang kelautan khususnya pelayaran. Hal ini membuat kapal-kapal lebih modern dan dapat menjangkau daerah yang sangat jauh.
  • Muncul dan berkembangnya semangat penaklukan terhadap kerajaan Islam atau orang-orang Islam.
  • Ingin memperoleh kekayaan dan keuntungan sebesar dan sebanyak-banyaknya.
  • Berkaca pada Kisah Perjalanan Markopolo tahun 1254 sampai 1324.
Itulah penjelasan Latar Belakang Penjajahan Belanda di Indonesia Secara Singkat dan jelas. Terimakasih

Baca Juga : 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Latar Belakang Penjajahan Belanda di Indonesia