Kumpulan informasi menganai sejarah dan tempat wisata di Indonesia maupun Dunia.

Sejarah Zaman Megalitikum Rangkuman Materi

Sejarah Zaman Megalitikum adalah masa dimana manusia telah bisa membuat hasil kebudayaan yang terbuat dari bahan batu batu besar. Manusia yang hidup pada masa ini sudah mengenal sistem kepercayaan. Kepercayaan atau agama yang dianut adalah menyembah para arwah / roh nenek moyang mereka. Munculnya kepercayaan disebabkan karena pengetahuan di zaman megalitikum sudah berkembang ke arah kemajuan.

Dalam sejarah zaman Megalitikum orang-orang yang hidup pada saat itu sudah mengetahui dan melakukan ternak dan bercocok tanam. Mereka yang hidup sudah melakukan food producing atau mengolah makanannya sendiri. Manusia zaman Megalitikum sudah melakukan kegiatan pertanian, tetapi masih primitif. Hal ini karena mereka masih menggunakan tanah kering untuk lahan pertanian. selain itu tanah yang telah digunakan ditinggalkan begitu saja, tidak digunakan untuk pertanian lagi.

Sejarah Zaman Megalitikum Rangkuman Materi
Sejarah Zaman Megalitikum
Peninggalan sejarah zaman Megalitikum masih dapat kita lihat sampai sekarang, contohnya dari suku yang ada di Indonesia masih menggunakan hasil kebudayaan Megalitikum. Berikut ini beberapa peninggalan kebudayaan pada zaman ini.
  • Peti Kubur atau Waruga, peninggalan ini merupakan peninggalan dari Minahasa sejak zaman Megalitikum.
  • Meja dari batu atau bisa disebut juga Dolmen, fungsinya sebagai tempat untuk sesaji pemujaan.
  • Patung atau arca batu yang terbuat dari batu, berbentuk binatang dan manusia.
  • Banguan bertingkat atau bisa disebut Punden Berundak. Dari bentuk tersebut merupakan sebagai tempat pemujaan.
Baca Juga Artikel Terkait :

Kehidupan Manusia Zaman Megalitikum

Manusia zaman megalitikum sudah banyak melakukan kegiatan pada kehidupannya atau bisa dikatakan sudah memiliki banyak aktivitas, seperti bercocok tanam dan mengumpulkan makanan. Kehidupan manusia zaman Megalitikum memiliki ciri-ciri utama, yaitu mereka sudah bisa membuat hasil kebudayaan dari bahan batu batu berukuran besar.

Sementara itu, kehidupan zaman Megalitikum di Indonesia meninggalkan beberapa bukti keberadaannya. Beberapa bukti meliputi 19 situs Megalitikum yang terdapat di Sumatera Utara. Situs ini berbentuk kumpulan patung yang dibuat dengan dipahat. Kemudian bukti lain adalah kegiatan membuat batu besar yang bertujuan memperingati kematian orang penting di Nias. Bukti ke tiga yaitu kegiatan kubur batu yang berlangsung di Sumba Nusa Tenggara Timur, kegiatan ini masih dilakukan di beberapa perkampungan disana.

Baca Juga :
1. Contoh Akulturasi Kebudayaan Nusantara dan Hindu Budha
2. Sejarah Zaman Batu dan Logam

Itulah sedikit rangkuman mengenai Sejarah Zaman Megalitikum, semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaja. Jangan lupa like dan share. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Zaman Megalitikum Rangkuman Materi