Rangkuman Sejarah Perang Dunia II Versi Lengkap

Sejarah Perang Dunia II - Pada pembahasan kali ini, kita akan sama-sama menyimak mengenai sejarah perang dunia yang ke 2 secara lengkap, tulisan ini merupakan hasil rangkuman dari beberapa sumber yang ada. Perang dunia II merupakan perang yang berlangsung hampir selama 6 tahun atau tepatnya dimulai pada tahun 1939 sampai tahun 1945. Kenapa disebut perang dunia II? karena perang ini merupakan perang besar yang melibatkan banyak sekali negara-negara besar yang ada di dunia. kekuatan besar dalam perang dunia yang ke  ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu blok poros dan sekutu.

Perang dunia II melibatkan sekitar  100 prajurit militer dari berbagai negara besar, negara tersebut mengeluarkan seluruh bidang diantaranya industri, ekonomi dan ilmiah untuk keperluan jalanya perang. Korban dalam perang dunia 2 lebih dari 50 juta orang baik dari militer mapun sipil, jumlah korban tersebut menjadikan perang ini sebagai salah satu perang paling mematikan di dunia. Jumlah korban yang begitu banyak disebabkan karena negara-negara menggunakan senjata pemusnah massal yakni senjata nuklir dan holocaust.

Secara umum, pecahnya perang dunia II terjadi pada tanggal 1 september tahun 1939 yakni ketika Jerman melakukan invasi ke Polandia, invasi ini kemudian membuat Inggris dan Francis menyatakan perang terhadap Jerman. Langkah yang dilakukan Jerman kemudian membentuk aliansi dengan Italia yang dinamakan dengan blok "poros". Dalam perkembangan selanjutnya Jepang bergabung dengan blok poros, negara gabungan ini kemudian berusaha menguasai dan menduduki sebagian besar negara yang ada di benua Eropa.

Sejarah Perang Dunia II Versi Lengkap
Rangkuman Sejarah Perang Dunia II Versi Lengkap
Negara Sekutu yang masih memiliki kekuatan untuk melawan blok poros yaitu Inggris dan Uni Soviet. Pada perang dunia ke II, blok poros berusaha untuk melakukan invasi terhadap Uni Soviet. Invasi ini membuat terjadinya pertempuran jalur darat yang begitu besar dan merupakan pertempuran darat paling besar dalam sejarah perang. Kemudian Jepang juga melakukan serangan terhadap Amerika Serikat dan berusaha menguasai Samudra Pasifik.

Serangan yang dilakukan oleh aliansi blok poros kemudian berhenti pada tahun 1942, hal ini dikarenakan mengalami berbagai kekalahan dalam prang dunia II. Negara blok poros yang ada di Eropa berhasil dikalahkan di Stalingrad dan Afrika Utara, semntara Jepang berhasil dikalahkan melalui pertempuran jalur laut. Akibat kekalahan blok poros pada perang dunia II, negara-negara yang tergabung dalam aliansi kemudian mundur dari semua front dalam perang.

Latar Belakang Perang Dunia II

Perang ini disebabkan karena dua faktor, yaitu umum dan khusus. Salah satu sebab umum yaitu gagalnya liga bangsa-bangsa dalam menciptakan perdamaian, karena Italia tidak bisa melakukan agresi terhadap Ethiopia. Hal lain adalah terjadinya persekutuan antarnegara setelah Perang Dunia 1 berlanjut. Sedangkan sebab khusus terjadinya Perang Dunia II adalah serangangan Jerman atas Polandia pada 1 September 1939. Invasi yang dilakukan Jerman inilah yang mengawali pertempuran dua font eropa. Sebab khusus Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik adalah pemboman pangkalan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii, oleh Jepang pada 7 Desember 1941.

Setelah Jerman melancarkan serangan ke Polandia, Prancis dan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman. Maka dimulai lah Perang Dunia II antara blok poros dan blok sekutu. Pada 9 April 1940, dalam waktu singkat, tentara Jerman melakukan serangan besar-besaran ke wilayah utara dan berhasil menduduki Denmark dan Norwegia. Akhirnya 10 Juni 1940, Italia terjun dalam kancah peperangan dengan memihak Jerman. Serangan-serangan yang dahsyat dari Italia dan Jerman  selama 12 hari, kemudian Prancis dapat ditaklukkan.

Kronologi Perang Dunia II

Perang Dunia II pecah pertama kali di Eropa yakni serangan Jerman terhadap polandia yang dilakukan pada tanggal 1 September 1939. Dua hari kemudian pada tanggal 3 September Inggris/Britania dan Francis menyatakan perang terhadap Jerman dan melakukan pemblokiran terhadap perairan Jerman. Hal ini dilakukan untuk melemahkan kekuatan perang dan ekonomi Jerman pada Perang Dunia II.

Kemudian Jerman melancarkan serangan pada 10 mei tahun 1940 terhadap Belanda, Belgia, Luksemburg dan Francis. Serangan ini berlangsung beberapa minggu, Belgia dan Belanda pun kewalahan menghadapi serangan Jerman. Serangan yang dilakukan menggunakan kendaraan lapis baja, sehingga pasukan sekutu bergeser ke area hutan untuk menghalangi serangan tersebut. Setelah Francis berhasil diduduki, kemudian di belah menjadi dua bagian zona pendudukan Italia dan Jerman.

Pada perang dunia yang berlangsung di Asia, Jepang terus menerus melakukan serangan dan berusaha menguasai Pasifik. Kemudian Amerika serikat menjatuhkan 2 bom atom di dua kota yaitu Hiroshima dan Nagasaki pada awal bulan Agustus 1944. Uni Soviet juga melakukan perlawanan terhadap Jepang dengan melakukan serangan di daerah Manchuria, serangan ini dapat mengalahkan pasukan Angkatan Darat Jepang. 

Akhir Perang Dunia II

Perang Dunia II resmi berakhir setelah ditandatangani Perjanjian Postdam antara Jerman dan Sekutu pada 17 Juli sampai 2 Agustus 1945 dan perjanjian San Fransisco pada 8 September 1951 antara Jepang dan Sekutu. Pihak yang kalah perang diharuskan membayar ganti rugi selama masa Perang Dunia II. Lebih dari 50 juta orang, mayoritas warga sipil tewas dalam perang ini. hal ini membuat Perang Dunia II merupakan konflik paling mematikan dalam sejarah manusia.

Demikian pembahasan mengenai Sejarah Perang Dunia II singkat dan jelas, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Baca Juga :
1. Sejarah Perang Dunia I Rangkuman Lengkap
2. Sejarah Perang Korea Lengkap
3. Sejarah Perang Persia Tahun 499-749 SM

Sumber : Buku "Perang-perang Paling Fenomenal"  (Agus N Cahyo)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rangkuman Sejarah Perang Dunia II Versi Lengkap